Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Tenggarong: Menjaga Kualitas Kesehatan Masyarakat

Tenggarong, sebuah kota yang subur di Provinsi Kalimantan Timur, memiliki sebuah lembaga yang memiliki peran penting dalam memastikan kualitas obat dan layanan farmasi untuk masyarakatnya. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) cabang Tenggarong hadir sebagai garda terdepan dalam mempromosikan praktek farmasi yang berkualitas, memperkuat jaringan kerja sama antar-profesi kesehatan, dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan kesehatan di wilayah ini.

 

Salah satu fokus utama PAFI Tenggarong adalah memastikan bahwa masyarakat mendapatkan akses yang mudah dan terjangkau terhadap obat-obatan yang berkualitas. Melalui program-program edukasi dan sosialisasi, PAFI Tenggarong aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan obat-obatan sesuai dengan petunjuk dokter, menghindari penggunaan obat ilegal, serta memahami efek samping dan interaksi obat yang mungkin terjadi.

 

Selain itu, PAFI Tenggarong juga berperan dalam melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap praktik-praktik farmasi di wilayahnya. Hal ini dilakukan melalui kerja sama erat dengan instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), guna memastikan bahwa standar farmasi yang ditetapkan diikuti dengan baik oleh para praktisi farmasi di Tenggarong.

 

Selain kegiatan-kegiatan di atas, PAFI Tenggarong juga aktif dalam mengembangkan kompetensi para ahli farmasi melalui pelatihan-pelatihan, seminar, dan diskusi ilmiah. Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para ahli farmasi, diharapkan pelayanan farmasi di Tenggarong semakin berkualitas dan profesional.

 

Tidak hanya berfokus pada aspek pelayanan farmasi, PAFI Tenggarong juga turut ambil bagian dalam kegiatan sosial dan bakti sosial untuk masyarakat. Melalui program-program kesehatan masyarakat, PAFI Tenggarong aktif dalam memberikan layanan kesehatan gratis, melakukan kampanye kesehatan, serta turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lingkungan yang berdampak positif bagi kesehatan masyarakat.

 

Dengan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia cabang Tenggarong bukan hanya sekadar organisasi profesi, tetapi menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan penduduk Tenggarong.

 

 

Sumber : pafitenggarong.org

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *