Mengapa Jamur Mudah Tumbuh di Kamera DSLR?

Kamera DSLR sangat rentan terhadap jamur. Terutama di kawasan Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban yang sangat tinggi. Jika salah dalam menyimpan kamera, bisa jadi jamur akan cepat menyerang dan membuat kamera tidak lagi berfungsi.

Pastinya sangat sayang bukan? Apalagi jika Anda bekerja menggunakan kamera DSLR tersebut. Bagaimana sebenarnya jamur bisa menyerang kamera?

Kelembaban yang Tinggi Memicu Tumbuhnya Jamur

Di Indonesia kelembaban udaranya bisa mencapai 70%, bahkan jika berada di musim hujan kelembaban tersebut akan meningkat hingga 90%. Padahal kelembaban yang tinggi sangat mudah untuk jamu berkembang biak. Tumbuhnya jamur di dalam kamera pun sudah menjadi kasus yang sering terjadi.

Ketika jamur sudah tumbuh di bagian lensa, pastinya akan mengurangi kinerja dari lensa tersebut. apalagi jika jamur tersebut sudah masuk di bagian dalam, pastinya sangat susah untuk membersihkannya. Anda harus mengeluarkan kocek untuk membersihkannya di tukang servis dengan biaya yang cukup mahal.

Kelembaban Juga Bisa Merusak Komponen Kamera

Tidak semua kamera memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kelembaban udara. Bahkan untuk kamera mahal sekalipun, tetap harus menjaganya dari kelembaban udara yang ekstrim.

Kelembaban udara tersebut bisa merusak komponen dalam kamera. Komponen elektronik akan mudah terkikis, bahkan bisa jadi tidak akan berfungsi.

Namun, yang paling parah, jika kelembaban tersebut akan merusak sensor kamera. Pastinya, Anda akan kesulitan untuk menggunakan kamera, karena fungsinya akan jauh menurun.

Tempat Penyimpanan yang Terlalu Kering Juga Mengurangi Fungsi Mekanis

Bagian mekanis di dalam kamera jua menggunakan oli untuk melancarkan gerakannya. Cairan oli ini berpengaruh terhadap kondisi penyimpanan. Jika terlalu kering, maka akan membuat fungsi mekanis juga seret.

Kelembaban yang paling tepat dalam menyimpan kamera berada di angka 40 sampai 50%. Angka tersebut tentunya sangat sulit ditemukan jika tidak menggunakan alat khusus.

Nah, salah satu tempat penyimpanan kamera yang paling efektif dan bisa menjaga kelembaban adalah dry box kamera. Alat ini memang dirancang khusus untuk menyimpan kamera sehingga bisa menjaganya tetap awet.

Itulah mengapa jamur bisa menyerang kamera dan membuatnya mudah rusak. Jadi, perhatikan tempat penyimpanan kamera Anda sekarang juga.

https://www.blibli.com/c/3/dry-box-kamera/DR-1000001/53184

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.