Inggris-CEPI Jadi Tuan Rumah KTT Global untuk Percepat Pengembangan Vaksin Baru, RI Diminta Join

Inggris akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak (KTT) dengan CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations), yakni sebuah koalisi ilmiah terkemuka untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, untuk mengumpulkan dana bagi penelitian dan pengembangan vaksin pada tahun 2022. Inggris lewat kedutaan besarnya di Jakarta secara khusus meminta Indonesia turut berpartisipasi pendanaan untuk CEPI dan percepatan pengembangan vaksin baru tersebut. Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengemukakan bahwa CEPI telah memilih Inggris sebagai tuan rumah KTT tahun depan sebagai pengakuan atas dukungan Inggris sejak pandemi ini dimulai.

Jenkins berharap Indonesia dapat mengikuti KTT ini di Inggris tahun depan, sebagai salah satu suara kuat dunia yang mengadvokasi distribusi vaksin yang adil “Kita semua sekarang tahu pentingnya mengembangkan vaksin yang efektif secepat mungkin,” kata Jenkins dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021). CEPI adalah kemitraan inovatif antara publik, swasta, filantropi, dan organisasi sipil, diluncurkan di Davos pada tahun 2017, untuk mengembangkan vaksin melawan epidemi di masa depan.

Pendiri dan investor awal CEPI adalah pemerintah Norwegia, Jerman, Jepang, India, World Economic Forum, Yayasan Bill & Melinda Gates, dan Wellcome.

Leave a Reply

Your email address will not be published.